Visi Pancakarsa: Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban…

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN BOGOR

FORUM GROUP DISCUSSION: Peningkatan Kualitas Publikasi Daerah Tahun 2018

Pada tanggal 1 Agustus 2018, Disbudpar Kabupaten Bogor menghadiri undangan acara Forum Group Discussion (FGD) bertema “Peningkatan Kualitas Publikasi Daerah Tahun 2018” yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor. Bertempat di Olympic Renotel Hotel, Sentul,  acara ini diikuti oleh segenap OPD dan perwakilan dari Universitas (IPB). Peserta yang hadir dibagi dalam 3 kelompok yaitu: Kelompok A (Pemerintah, infrastruktur, dan Hukum), Kelompok B (Sosial dan Ketenagakerjaan), Kelompok C ( Ekonomi dan Pembangunan). Pada kesempatan ini Disbudpar diikutkan ke dalam Kelompok C.

Sebagai Pengantar dan pembuka acara, Kepala BPS Kab. Bogor menyampaikan keluhan mengenai data sektoral dari OPD dan Kecamatan. Antara lain mengenai keabsahan data-data yang diberikan, adanya data-data yang dicantumkan sebagai tidak tersedia/belum siap, juga mengenai data-data yang hanya dipegang oleh orang tertentu sehingga ketika orang tersebut berhalangan maka data tersebut tidak bisa diakses.
Kepala BPS juga menyampaikan rencana untuk menuju tahapan Satu Data Indonesia (SDI), di mana semua data mudah diakses pada satu tempat dan data yang serupa bisa tampil dalam jumlah seragam antara satu instansi dengan yang lainnya. Diharapkan tidak akan ada lagi perbedaan jumlah data untuk objek yang sama.

Untuk mencapai SDI perlu diadakan beberapa hal: Antara lain menunjuk instansi khusus sebagai Wali Data, yang berfungsi sebagai penampung dan pengolah data-data kiriman dari OPD dan Kecamatan sebelum nantinya bisa disajikan sebagai informasi publik dan dikelola sebagai data statistik oleh BPS. Salah satu keluaran dari SDI ini nantinya akan disajikan dalam bentuk publikasi tahunan BPS yaitu ‘Kabupaten Bogor Dalam Angka’.

Dalam sesi diskusi setiap kelompok mendiskusikan dan memberi masukan mengenai pengolahan data serta proses pengumpulannya. Dalam diskusi juga dibahas mengenai pentingnya Kabupaten Bogor memiliki instansi Wali Data agar data-data yang dikumpulkan bisa diolah dan ditata secara lebih profesional.
Pada sesi sebelum Penutup disampaikan juga mengenai tampilan dan fasilitas pada website BPS yang telah menjalani proses perbaikan. Dalam website ini para pengunjung bisa mengakses dan mengunduh publikasi yang telah dibuat BPS dengan cara mendaftarkan alamat e-mail di menu login. Publikasi yang ditonjolkan pada website ini adalah hasil kompilasi dari data-data yang diambil dari tiap OPD dan Kecamatan.

Sebagai penutup acara dibacakan kesimpulan dari hasil diskusi, yaitu: Kesepakatan untuk membentuk Forum Satu Data Indonesia, Penunjukan Diskominfo sebagai kandidat utama instansi Wali Data di Kabupaten, serta seruan untuk segera mengumpulkan data yang berkaitan dengan publikasi ‘Kabupaten Bogor Dalam Angka’ oleh BPS.

501 Views

One Commentto FORUM GROUP DISCUSSION: Peningkatan Kualitas Publikasi Daerah Tahun 2018

  1. wah artikel yang bagus dan menarik, thanks 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *