Visi Pancakarsa: Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban…

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN BOGOR

BERLATIH MENULIS KONTEN WEBSITE BERSAMA KETUA PWI KAB. BOGOR

Pada tanggal 28 Februari 2018, Admin Website Disbudpar menghadiri undangan rapat dari Diskominfo Kab.Bogor berkaitan dengan koordinasi pengelola website Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor. Narasumber yang dihadirkan dalam acara ini adalah Khoirul Azwar Siregar, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor.

Titik utama yang diangkat dalam paparan Bapak Khoirul Azwar adalah mengenai teknik penulisan berita atau artikel, khususnya untuk keperluan pengisian konten di laman internet. Dari apa yang disampaikan tersebut, ada beberapa saran yang bisa diaplikasikan oleh para pengelola website OPD mau pun Kecamatan.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah saran untuk membuat tulisan berita seperti anda bercerita kepada teman. Digambarkan bahwa runtutan kata-kata saat anda bercerita biasanya lengkap, jelas, dan terperinci. Hal ini dikarenakan anda ingin agar kabar yang disampaikan bisa menarik perhatian teman anda dan sedapat mungkin memengaruhinya untuk mendukung opini yang dibentuk.

Secara teknis disarankan juga untuk menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti, menghindari bahasa asing, tidak menggunakan dua kata yang sama dalam satu kalimat, juga sebaiknya tidak terlalu banyak membuat anak kalimat.

Perhatikan juga nilai berita. Bahwasanya nilai suatu berita tidak sama antara masing-masing orang. Apa yang anda anggap darurat, bisa jadi tidak berpengaruh sama sekali untuk orang lain. Apa yang anda anggap baik, bisa jadi buruk menurut tetangga anda. Makin tinggi nilai berita akan makin terasa penting bagi pembaca untuk menyimaknya.

Meski pelatihan lebih lanjut rasanya masih diperlukan untuk membina kemampuan menulis yang sesuai dengan kaidah jurnalistik, namun apa yang disampaikan oleh narasumber pada kesempatan ini bisa jadi bekal untuk para pengelola website OPD dan Kecamatan. Besar harapan kami agar pelatihan semacam ini akan jadi kegiatan yang lebih sering dilaksanakan.

Sampai jumpa di kesempatan berikutnya.

 

388 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *