SITUS GARISUL

Situs adalah merupakan suatu kumpulan keberadaan Benda Cagar Budaya yang mengandung nilai-nilai Kepurbakalaan, biasanya terhampar dalam suatu area tertentu baik yang berada di tanah dataran maupun perbukitan.
Salah satu Situs yang masuk dalam inventarisasi dan Dokumentasi pada Seksi Kebudayaan adalah Situs Garisul Desa Kolong Sawah Kecamataan Jasinga.ditempuh dengan jarak 42Km dari Ibu kota Cibinong.
Pada Situs ini diketahui bahwa peningalan berupa Komplek Pemakaman Kuno,dengan Luas area 3000 menghadap Barat.Data-data yang di peroleh peninggalan Kesejarahaan ini berkisar sekitar abad ke 15-16 M yang dalam Dekade tertentu merupakan peninggalan jaman Perkembangan dan Kebudayaan Islam.Diketahui lebih lanjut pada salah satu peninggalannya.Menujukkan angka 1021-1031 Hijriah.
Diantara kumpulan makam kuno tersebut ada 9 Makam utama yang merupakan Simbol dari Kepemimpinan ,dari Bentuk Bangunan di ketahui mempuyai Ciri-ciri tersendiri yang merupakan pengaruh kebesaranya.Analisis ini di ambil berdasarkan Makam serta Ketinggian Batu Nisan.
Hasil pengamatan dapat diketahui bahwa diantara ke 9 Makam Kuno tersebut terdapat nama Syekh ishak,Panglima Sultan Hasanudin Banten dan para istrinya,salah satu di antaranya adalah Putri Raja dari Kerajaan Kediri.
Garisul adalah Nama sebuah Perkampungan umum,letak persisnya berada si Desa kolong Sawah Kecamatan Jasinga dengan jarak 1300 m ke arah Utara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top