Category: INFO TERKINI

kumpulan informasi terbaru seputar Disbudpar Kab. Bogor.

Uji Kompetensi SDM Pariwisata 2019

Dalam rangka meningkatkan daya saing SDM usaha Akomodasi bidang Akomodasi Front Office, FB Service dan House Keeping, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor telah menyelenggarakan Pelatihan Kompetensi SDM Pariwisata bidang Akomodasi Front Office, FB Service dan House Keeping Tahun 2019, dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan terutama dalam bidang pengelolaan dan pelayanan sehingga dapat meningkatkan daya saing.
  2. Menumbuhkan motivasi serta dedikasi dan dapat memberikan pelayanan yang sempurna (service excellent) sehingga dapat memuaskan wisatawan yang berkunjung di kabupaten bogor dan menambah lengh of stay wisawatan.
  3. Meningkatkan kemampuan terutama dalam bidang pengelolaan dan pelayanan sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Kegiatan Pelatihan Kompetensi SDM Pariwisata dilaksanakan pada: Bidang Akomodasi Front Office, FB Service dan House Keeping selama 2 (dua) hari, pada tanggal 11 November s.d 12 November 2019 tempat penyelenggaraan kegiatan di Hotel New Ayuda, Jl. Raya Puncak Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

Pelatihan Kompetensi SDM Pariwisata bidang Akomodasi Front Office, FB Service dan House Keeping Tahun 2019 diikuti oleh para peserta dari usaha Akomodasi bidang Front Office dan FB Service yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.

Sebagai Tim Assesor pada Uji Kompetensi/sertifikasi bidang Akomodasi Front Office, FB Service dan House Keeping Tahun 2019 adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Rajawali Hospitality Nusantara.

Selama mengikuti Penyelenggaraan Uji Kompetensi/Sertifikasi SDM Pelaku Pariwisata  peserta mendapatkan fasilitas penginapan (Akomodasi), makan – minum, biaya sertifikasi dan kelengkapan  peserta, serta Sertifikat/lisence jika kompeten.

Read More
disbudpar 18 Dec 2019 0 Comments

KEGIATAN PENINGKATAN SADAR WISATA TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR DAERAH WISATA

Sektor pariwisata dan budaya merupakan dua hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan dalam mengembangkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor. Sektor ini menjadi ujung tombak peningkatan ekonomi masyarakat  yang  terus tumbuh dan berkembang.  Hal ini disebabkan Kegiatan di sektor pariwisata dan budaya memberikan dampak kepada peningkatan ekonomi lainnya seperti sektor pertanian, peternakan, industri, perdagangan, seni dan budaya.

Sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor  menyelenggarakan Penerapan Sadar wisata Terhadap Masyarakat dan Aparatur Tahap II Tahun 2019 berlokasi di Hotel Gumilang, Jalan raya Puncak KM, 75.5 Cipayung, Megamendung Kab. Bogor dengan tujuan sebagai berikut  :

  1. Terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah ;
  2. Menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap berperan sebagai tuan rumah dan memahami , mampu mewujudkan Sapta Pesona;
  3. Untuk meningkatkan industri pariwisata supaya memberikan multiplier effect yang bisa mempengaruhi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor;
  4. Menggerakkan aktifitas kepariwisatan di daerah sekitar wisata dan pemberdayaan masyarakat yang berdampak pada manfaat sebesar besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

 

Read More
disbudpar 4 Dec 2019 0 Comments

Roadshow Pariwisata Kabupaten Bogor 2019 di Jakarta

Dengan berkembangnya pariwisata sebagai Leading Sector ekonomi daerah kegiatan wisata sangat diprioritaskan. Bahkan secara nasional, kunjungan wisatawanpun ditargetkan meningkat dari 17 juta kunjungan ditahun 2018 menjadi 20 juta kunjungan ditahun 2019. Upaya membangun sektor pariwisata dan budaya di Kabupaten Bogor tentunya perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai serta kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong pertumbuhan pariwisata dan budaya itu sendiri.

Sesuai dengan kewenangannya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam upaya membina, menggali, memelihara dan memasarkan segala aspek kepariwisataan dan kebudayaan, maka pada tahun 2019 ini kami melaksanakan kegiatan Roadshow Pariwisata yang dilaksanakan dalam bentuk Roadshow Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor Tahun 2019 yang di laksanakan di Tahun 2019 ini yaitu bertempat di Green Pramuka Square Jakarta Timur yang diikuti oleh 20 (dua puluh) stakeholders pariwisata serta UMKM yang ada di Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberi kontribusi terhadap upaya promosi dan penyebaran informasi pariwisata dan budaya yang pada akhirnya dapat memberi motivasi terhadap calon wisatawan untuk berkunjung ke destinasi-destinasi wisata dan pendukungnya di seluruh Kabupaten Bogor.

Read More
disbudpar 15 Oct 2019 0 Comments

Pelestarian Budaya Wayang Golek

Hadirilah! Pementasan wayang golek dengan Dalang: Den Gala, SSn. Persembahan dari Seksi Kesenian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor. Terbuka untuk umum. Dilengkapi dengan hiburan seni tari dari Sanggar Seni binaan Disbudpar. Diantos kasumpingana.

Read More
disbudpar 10 Oct 2019 0 Comments

Bogor Woderful Golf 2019

Untuk para pemain/peminat golf dari seluruh dunia dan dari berbagai kota di Indonesia, mari bergabung dalam Event Sport Tourism yang dikolaborasikan dengan tur wisata, penampilan seni budaya, dan bazaar kerajinan tangan di venue paralayang Puncak Cisarua.

Event ini bernama Bogor Woderful Golf Tournament 2019, diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dan didukung oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bogor. Digelar pada tanggal 22-23 September 2019 di Sentul Highland Golf dan Bogor Raya Golf Club.

Mari berpartisipasi dalam event ini. Bermain golf di Bogor sambil menunjukkan cinta dan dukungan terhadap pariwisata di Kabupaten Bogor

Read More
disbudpar 13 Sep 2019 0 Comments

Roadshow Pariwisata Kabupaten Bogor 2019 di Bekasi

Dengan berkembangnya pariwisata sebagai Leading Sector ekonomi daerah kegiatan wisata sangat diprioritaskan. Bahkan secara nasional, kunjungan wisatawanpun ditargetkan meningkat dari 17 (tujuh belas) juta kunjungan ditahun 2018 (dua ribu delapan belas) menjadi 20 (dua puluh) juta kunjungan ditahun 2019 (dua ribu sembilan belas). Upaya membangun sektor pariwisata dan budaya di Kabupaten Bogor tentunya perlu ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai serta kegiatan – kegiatan yang dapat mendorong pertumbuhan pariwisata dan budaya itu sendiri. Sesuai dengan kewenangannya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam upaya membina, menggali, memelihara dan memasarkan segala aspek kepariwisataan dan kebudayaan, maka pada tahun 2019 ini kami melaksanakan kegiatan Roadshow Pariwisata di Blu Plaza (Bekasi) yang diikuti oleh 20 (duapuluh) stakeholder pariwisata serta UMKM yang  ada di Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberi kontribusi terhadap upaya promosi dan penyebaran informasi pariwisata dan budaya yang pada akhirnya dapat memberi motivasi terhadap calon wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Bogor.

Read More
disbudpar 9 Sep 2019 0 Comments

MALAM FINAL PASANGGIRI MOJANG-JAJAKA KABUPATEN BOGOR 2019

Pada hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2019, bertempat di Hotel Lorin, Sentul, Seksi Event Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor telah menyelenggarakan kegiatan Pasanggiri Mojang-Jajaka Kabupaten Bogor 2019. Dalam gelaran ini dipilih Mojang dan Jajaka Pinilih serta beberapa kategori lain. Jumlah finalis tahun ini kembali memenuhi target yaitu 30 orang.

Acara dibuka oleh sambutan dari PLT Disbudpar, dilanjut dengan  sambutan dari Bupati Bogor, Ibu Ade Yasin. Kegiatan Pasanggiri malam itu dimeriahkan juga dengan suguhan tari kreasi dari Sanggar Seni binaan Disbudpar, serta penampilan khusus dari para Finalis berupa sajian tari kreasi yang dipadu dengan suguhan kombinasi apik musik elektronik dengan nada gending tradisional.

Untuk pemenang Mojang Jajaka Kabupaten Bogor tahun 2019, juara 1 Mojang diraih Rizzal Ramadhyta daru Kecamatan Cibinong dan Jajaka diraih oleh Raka Riyanto dari Kecamatan Cileungsi. (Udo)

Penampilan Putri Pariwisata Indonesia 2019 sebagai Juri Tamu

Read More
disbudpar 15 Jul 2019 0 Comments

FESTIVAL BUDAYA DAERAH KABUPATEN BOGOR 2019

Pada tanggal 7 April 2019, Disbudpar Kabupaten Bogor telah melaksanakan Festival Budaya Daerah (Helaran) 2019. Berlokasi di Stadion Pakansari,Cibinong, acara ini sukses menarik ribuan pengunjung. Festival ini juga turut dihadiri oleh 16 Duta Besar negara sahabat.

Seperti tahun sebelumnya, dalam Festival ini ditampilkan kesenian budaya dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Ada parade pakaian adat, tari-tarian, hingga pawai mobil hias. Semua ditampilkan dalam event yang sudah memasuki tahun ke-lima ini.

[SLGF id=1384]

Perlu diketahui bahwasanya Kabupaten Bogor terdiri dari 40 kecamatan dan memiliki potensi kekayaan kesenian tradisional yang sangat beragam. Setiap kesenian memiliki ciri khas masing-masing, yang lahir dari khasanah wilayahnya.

Disbudpar Kab.Bogor melalui Festival Budaya Daerah berusaha untuk menampilkan semua kekayaan seni budaya tersebut.

Read More
disbudpar 12 Apr 2019 3 Comments

DISBUDPAR Presents: BOGOR CULTURE NIGHT 2019

Bogor Culture Night 2019 adalah kegiatan dengan tujuan untuk memperkenalkan seni budaya yang ada di Kabupaten Bogor kepada masyarakat dan melestarikan aktivitas Sanggar Seni dengan menampilkan berbagai macam kesenian dari mulai seni tradisional, nasional, sampai modern. Selain itu juga untuk menghibur masyarakat yang berkunjung ke Plaza Pakansari di Malam Minggu. Kegiatan ini masuk ke dalam Program 100 Hari milik Bupati Bogor sebagai bagian dari Panca Karsa yaitu untuk mewujudkan Bogor yang Maju dan Berkeadaban. Pelaksanaan acara ditetapkan dua kali dalam sebulan sepanjang tahun. Sudah mulai berjalan pada tanggal 16 Februari dan 23 Februari 2019. Acara dimulai sejak pukul 20.00 WIB dan selesai sekitar pukul 22.00 WIB, bertempat di Plaza (Stadion) Pakansari, Jl.Kol. Edy Yoso Martadipura, Cibinong.

Pada tanggal 16 Februari yang tampil adalah Sanggar Seni (SS) Dwipayana dari Kecamatan Cibinong asuhan Ibu Ayu, dengan kreasi tarian tradisional. Untuk tanggal 23 Februari penampilnya adalah SS Putri Galuh dari Kecamatan Ciomas pimpinan Ibu Ina Rahmawati, menampilkan  tarian tradisional dan modern.

Dalam Pelaksanaan Kegiatan Bogor Culture Night, Disbudpar Kab.Bogor bekerjasama dengan Dispora (terkait venue/lokasi) dan Satpol PP (untuk keamanan). Acara ini juga dihadiri oleh Tim dari Setda serta Tim Branding dari Kabupaten Bogor.

Read More
disbudpar 5 Mar 2019 0 Comments