MENIKMATI PERTUNJUKAN CAHAYA RIBUAN KUNANG-KUNANG DI TAMAN

disbudpar 6 Dec 2018 3 Comments

Para penikmat wisata alam, datanglah ke Highland Camp Curug Panjang di Desa Megamendung, Kabupaten Bogor. Sebuah kawasan bernuansa hutan tropis seluas +/- 5.7 Hektar. Di sana anda bisa menemukan area Camping Ground, Air Terjun, jalur treking dan Taman Kunang-Kunang. Ya, serangga pembawa cahaya ini akan banyak anda temukan beterbangan dengan bebas pada daerah dengan kelembaban tinggi yang hangat. Habitat hidup yang cocok dengan kunang-kunang itu sesuai sekali dengan kondisi alam di sekitar Highland Camp Curug Panjang. Maka sudah selayaknya bila para serangga itu sampai dibuatkan Taman khusus, selain sebagai usaha pelestarian juga menjadi pemandangan yang menarik bagi para wisatawan.

Taman Kunang-Kunang yang berada dalam kawasan Miniatur Halimun ini merupakan rumah bagi ribuan kunang-kunang, serangga bercahaya yang hanya aktif di malam hari. Selain sebagai zona konservasi, lokasi yang menjadi Taman kunang-kunang ini merupakan zona pendidikan dan wisata minat khusus. Semua hal yang mendukung pelestarian serangga tersebut seperti tingkat vegetasi, bahan-bahan organik, serta keberadaan anak sungai Ciliwung terus dipertahankan keasliannya.

Menikmati fenomena keindahan cahaya kunang-kunang paling baik antara pukul 19.30 – 22.00, ketika suhu berkisar antara 17-20 C, dalam keadaan cuaca tidak sedang hujan. Anda bisa menyaksikan mahluk kecil pembawa lentera itu berterbangan dan mempertunjukkan kerlap-kerlip cahaya saat mereka saling mencari pasangan.

Bila anda tertarik untuk melihat pertunjukkan cahaya alami dari ribuan kunang-kunang, di tempat dengan panorama hijau dan udara yang sejuk-segar maka Taman Kunang-Kunang bisa dijadikan sebagai daftar tempat wisata alternatif untuk dikunjungi. Bayangkan betapa serunya anda sekeluarga berwisata dan bercengkerama dengan kunang-kunang di taman yang luas. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Contact Person dari Taman Kunang-Kunang yaitu Bapak Abdul Gofur di nomor: 0816-857-679.

*inset: Highland Camp Curug Panjang
Jalan Curug Panjang,
Kp.Paseban RT 004/005
Ds.Megamendung, Kec.Megamendung, 16770
Hotline: +62 819-1005-4000

*Sumber: Disarikan dari informasi Seksi SDM. Bidang Kemitraan, SDM, Ekonomi Kreatif – Disbudpar Kabupaten Bogor
–Udo–

Comments (03)

  1. 19 May 2019

    Salut untuk pengelola Taman Kunang-kunang yang begitu peduli pada pelestarian serangga langka yang semakin sulit ditemukan terutama di perkotaan

    Reply
  2. 3 Jul 2019

    Apakah kunang kunang di sini masih banyak? Mengingat di kampung saya sekarang gapernah liat yang dulu selepas magrib sering melihatnya

    Reply
    • Seksi Data Disbudpar
      4 Jul 2019

      karena ini adalah tempat penangkaran, maka jumlah kunang-kunang di sini cukup banyak. terlebih kunang-kunang adalah tawaran Utama dari tempat ini. silakan datang dan buktikan sendiri.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *