Category: Daya Tarik Wisata

kumpulan data mengenai Objek Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bogor.

MENIKMATI PERTUNJUKAN CAHAYA RIBUAN KUNANG-KUNANG DI TAMAN

Para penikmat wisata alam, datanglah ke Highland Camp Curug Panjang di Desa Megamendung, Kabupaten Bogor. Sebuah kawasan bernuansa hutan tropis seluas +/- 5.7 Hektar. Di sana anda bisa menemukan area Camping Ground, Air Terjun, jalur treking dan Taman Kunang-Kunang. Ya, serangga pembawa cahaya ini akan banyak anda temukan beterbangan dengan bebas pada daerah dengan kelembaban tinggi yang hangat. Habitat hidup yang cocok dengan kunang-kunang itu sesuai sekali dengan kondisi alam di sekitar Highland Camp Curug Panjang. Maka sudah selayaknya bila para serangga itu sampai dibuatkan Taman khusus, selain sebagai usaha pelestarian juga menjadi pemandangan yang menarik bagi para wisatawan.

Taman Kunang-Kunang yang berada dalam kawasan Miniatur Halimun ini merupakan rumah bagi ribuan kunang-kunang, serangga bercahaya yang hanya aktif di malam hari. Selain sebagai zona konservasi, lokasi yang menjadi Taman kunang-kunang ini merupakan zona pendidikan dan wisata minat khusus. Semua hal yang mendukung pelestarian serangga tersebut seperti tingkat vegetasi, bahan-bahan organik, serta keberadaan anak sungai Ciliwung terus dipertahankan keasliannya.

Menikmati fenomena keindahan cahaya kunang-kunang paling baik antara pukul 19.30 – 22.00, ketika suhu berkisar antara 17-20 C, dalam keadaan cuaca tidak sedang hujan. Anda bisa menyaksikan mahluk kecil pembawa lentera itu berterbangan dan mempertunjukkan kerlap-kerlip cahaya saat mereka saling mencari pasangan.

Bila anda tertarik untuk melihat pertunjukkan cahaya alami dari ribuan kunang-kunang, di tempat dengan panorama hijau dan udara yang sejuk-segar maka Taman Kunang-Kunang bisa dijadikan sebagai daftar tempat wisata alternatif untuk dikunjungi. Bayangkan betapa serunya anda sekeluarga berwisata dan bercengkerama dengan kunang-kunang di taman yang luas. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Contact Person dari Taman Kunang-Kunang yaitu Bapak Abdul Gofur di nomor: 0816-857-679.

*inset: Highland Camp Curug Panjang
Jalan Curug Panjang,
Kp.Paseban RT 004/005
Ds.Megamendung, Kec.Megamendung, 16770
Hotline: +62 819-1005-4000

*Sumber: Disarikan dari informasi Seksi SDM. Bidang Kemitraan, SDM, Ekonomi Kreatif – Disbudpar Kabupaten Bogor
–Udo–

Read More
disbudpar 6 Dec 2018 3 Comments

TAMAN KUPU-KUPU SINAR WANGI

Keindahan pemandangan alam tidak hanya berdasar kontur wilayah dan baris tumbuhan di sepanjang jalan, ada keindahan dari sisi fauna yang bisa menambah keasyikan saat berwisata merambah suatu daerah. Tak melulu binatang besar sebagai penanda, fauna mungil pun dapat turut serta untuk mewarnai kenangan dari tempat yang dikunjungi. Seperti kupu-kupu misalnya, rasanya banyak yang setuju bahwa kehadiran mereka bisa memperindah keberadaan sebuah taman.

Bagi para penggemar atau yang sekadar ingin tahu lebih banyak mengenai kupu-kupu, Kabupaten Bogor memiliki tempat yang bisa memfasilitasi hal tersebut. Agrowisata Taman Kupu-kupu Sinar Wangi Park Land, tempat ini berada persis di kaki Gunung Salak atau tepatnya di Kampung Sinarwangi Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Agrowisata Taman Kupu-kupu Sinar Wangi Park Land menyediakan beberapa fasilitas berupa penangkaran, pengembangbiakan kupu-kupu, Museum Kupu-kupu, Toilet, Mushola dan tempat untuk berfoto dengan background sayap kupu-kupu yang indah. Varian Kupu-kupu di Sinar Wangi Park Land selain dari koleksi, juga didapat dari Gunung Salak, seperti jenis Troides Helena, dan itu akan dikembangkan secara terus-menerus.

Kupu-kupu ini banyak sekali jenisnya, dengan mengunjungi Sinar Wangi Park Land masyarakat bisa lebih jauh mengetahui tentang varian yang ada dan yang telah terdokumentasikan. Taman kupu-kupu ini baru dibuka pada tanggal 29 Juni 2017. Berdasar info terakhir yang kami terima, untuk tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp.5.000 (pelajar) dan Rp. 10.000 (umum) serta parkir kendaraan tidak dikenakan biaya.

Jadi untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai kupu-kupu atau hendak mencari tempat wisata alternatif yang bisa menambah pengetahuan, silakan mengunjungi Taman Kupu-Kupu Sinar Wangi Park Land.

Read More
disbudpar 21 Aug 2018 0 Comments

PESONA PANORAMA VILLA KHAYANGAN

Sebagai wilayah yang sebagian besarnya berada di dataran tinggi, Kabupaten Bogor dilimpahi dengan potensi wisata yang menawarkan panorama dari ketinggian. Selain kawasan Puncak yang sudah terkenal, banyak juga daerah yang memiliki Curug (air terjun), dan potensi wisata dengan pesona pemandangan alam di atas gunung dan perbukitan. Kali ini kami akan menampilkan sebuah kawasan wisata panoramik yang berada di Kecamatan Sukamakmur yaitu Villa Khayangan.

Untuk sampai di Villa Khayangan anda bisa menempuh perjalanan melalui Citeureup atau Jonggol ke arah Kecamatan Sukamakmur. Perlu kami ingatkan bahwa jalur menuju lokasi dihiasi dengan kelokan tajam serta tanjakan yang lumayan curam, sebaiknya periksa kesiapan kendaraan serta kemampuan pengendara karena di sini sering terjadi kendaraan yang tidak kuat menanjak bahkan sampai terdorong mundur. Sampai di gerbang lokasi anda akan dikenai tiket masuk seharga Rp.35.000/orang dan Rp.10.000/kendaraan.

Di dalam lokasi anda akan menemui beberapa lokasi menarik untuk berfoto yang dijamin sangat instagramable; Seperti spot Bingkai Cinta, Palka Perahu kayu, dan areal persawahan mini. Jangan lupa membawa tikar untuk duduk-duduk santai sambil menikmati bekal bawaan, meski ada kafetaria namun saat ramai pengunjung akan sulit untuk mendapat tempat duduk. Di sini juga ada kolam renang yang airnya dingin sekali –seperti diambil langsung dari mata air pegunungan. Jika anda sampai di lokasi pada siang hari sebaiknya membawa sunblock lotion karena sinar matahari yang lumayan terik, terpapar langsung di ketinggian, cocok untuk berjemur dan menghitamkan kulit.

Saat anda selesai menikmati pemandangan dan berenang-renang, sebelum pulang sempatkanlah untuk singgah di kawasan foto sebelum tempat parkir –salah satu spot yang paling terkenal yaitu Sayap Garuda ada di bagian ini. Sayang sekali jika setelah melewati kelokan dan tanjakan curam untuk sampai di Villa Khayangan namun luput untuk bergaya di spot paling ikonik di sini.

Untuk yang suka wisata panoramik serta menyukai tantangan dalam perjalanan, Villa Khayangan bisa dijadikan sebagai pilihan untuk bertamasya.

[SLGF id=649]

Read More
disbudpar 28 Jun 2018 2 Comments

WISATA CURUG DI KABUPATEN BOGOR

Salah satu pilihan untuk berwisata di wilayah Kabupaten Bogor adalah menikmati keindahan curug atau air terjun. Panorama sepanjang perjalanan, pendakian pada jalur yang seringkali memacu adrenalin, sampai pada kesejukan dan kesegaran yang ditawarkan saat sampai di lokasi jatuhnya air dari ketinggian. Sebuah paket komplit bagi anda yang menyukai wisata alam yang bersifat petualangan.

Peminat wisata alam khususnya curug pada akhir-akhir ini memang didominasi oleh anak-anak muda yang menyukai tantangan. Pergi sendiri atau bersama teman-teman membelah jalur menanjak yang menguji nyali, lalu mengambil foto atau membuat vlog (video blog) berlatar belakang air terjun. Internet kini mulai diramaikan oleh foto-foto dan video semacam itu yang dibuat oleh avontur muda bersama komunitasnya. Meski begitu tentunya jelajah alam ini terbuka untuk semua usia. Bagi yang ingin mencari tujuan alternatif untuk berwisata bersama keluarga, petualangan semacam ini bisa menjadi pilihan.

Wilayah Kabupaten Bogor diberkati oleh banyak curug atau air terjun yang bisa dijelajahi. Ada yang sudah tercatat sebagai lokasi wisata resmi, banyak juga yang masih baru diketahui segelintir orang sahaja. Berikut ini ada lokasi Curug yang baru saja didata oleh Disbudpar Kab.Bogor, barangkali bisa masuk dalam agenda liburan anda.

  1. Curug Cikoneng

Curug Cikoneng berada di Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Lokasi satu ini memberikan keindahan panorama alam dan pedesaan yang dikelilingi oleh persawahan dan pegunungan yang sangat asri. Tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp.2.500/ orang dan tiket parkir kendaraan sebesar Rp.5.000. Curug ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar

2. Curug Bogo, Curug Sawer, Curug Walet dan Curug Batok

Curug Bogo, Curug Sawer, Curug Walet dan Curug Batok berada di Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke empat lokasi tersebut pengunjung harus memasuki kawasan Curug Cikoneng yang dikelola oleh masyarakat, ke empat curug ini berada dibawah kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang dikelola oleh pemuda-pemudi di Desa Puraseda, dengan adanya lokasi wisata ini masyarakat sekitar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan disekitar kawasan tersebut. Untuk tiket masuk di kenakan Rp. 2.500/orang.

 

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat dan selamat berwisata.

Read More
disbudpar 7 Mar 2018 0 Comments

Pesona Gunung Kencana

Destinasi wisata Gunung Kencana terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Untuk menuju puncak Gunung , pengunjung bisa masuk melalui kawasan wisata Telaga Warna, Cisarua, Kabupaten Bogor. Pengunjung harus menemukan patokan jalan yaitu Kampung Cikoneng, tepatnya SD Cikoneng yang berada di pertigaan jalan.

Puncak Gunung Kencana berada pada ketinggian 1800 Mdpl; Pendakian ke sana diawali dengan Tanjakan Sambalado –tanjakan setinggi kurang lebih 200 meter dengan kemiringan sekitar 90 derajat ini berupa puluhan anak tangga yang sangat tinggi. Untuk mencapai puncak Gunung Kencana cukup ditempuh sekitar 45 menit dari pos pendaftaran. Hanya terdapat dua pos untuk mencapai puncaknya.

 

 

 

Meski medan pendakian bisa dibilang cukup ekstrim dan menguras tenaga, namun pemandangan yang ditawarkan akan mengganti semua kelelahan yang ada. Selain pemandangan alam di puncak gunung, perkebunan teh yang terbentang luas di kawasan Gunung Kencana pun sering dijadikan bikers motor trail sebagai jalur pemacu adrenalin.

Untuk tiket masuk ke kawasan wisata ini dikenakan biaya Rp.10.000/Orang+Asuransi.

Read More
disbudpar 17 Jan 2018 3 Comments