Visi Pancakarsa: Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban…

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN BOGOR

WISATA CURUG DI KABUPATEN BOGOR

Salah satu pilihan untuk berwisata di wilayah Kabupaten Bogor adalah menikmati keindahan curug atau air terjun. Panorama sepanjang perjalanan, pendakian pada jalur yang seringkali memacu adrenalin, sampai pada kesejukan dan kesegaran yang ditawarkan saat sampai di lokasi jatuhnya air dari ketinggian. Sebuah paket komplit bagi anda yang menyukai wisata alam yang bersifat petualangan.

Peminat wisata alam khususnya curug pada akhir-akhir ini memang didominasi oleh anak-anak muda yang menyukai tantangan. Pergi sendiri atau bersama teman-teman membelah jalur menanjak yang menguji nyali, lalu mengambil foto atau membuat vlog (video blog) berlatar belakang air terjun. Internet kini mulai diramaikan oleh foto-foto dan video semacam itu yang dibuat oleh avontur muda bersama komunitasnya. Meski begitu tentunya jelajah alam ini terbuka untuk semua usia. Bagi yang ingin mencari tujuan alternatif untuk berwisata bersama keluarga, petualangan semacam ini bisa menjadi pilihan.

Wilayah Kabupaten Bogor diberkati oleh banyak curug atau air terjun yang bisa dijelajahi. Ada yang sudah tercatat sebagai lokasi wisata resmi, banyak juga yang masih baru diketahui segelintir orang sahaja. Berikut ini ada lokasi Curug yang baru saja didata oleh Disbudpar Kab.Bogor, barangkali bisa masuk dalam agenda liburan anda.

  1. Curug Cikoneng

Curug Cikoneng berada di Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Lokasi satu ini memberikan keindahan panorama alam dan pedesaan yang dikelilingi oleh persawahan dan pegunungan yang sangat asri. Tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp.2.500/ orang dan tiket parkir kendaraan sebesar Rp.5.000. Curug ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar

2. Curug Bogo, Curug Sawer, Curug Walet dan Curug Batok

Curug Bogo, Curug Sawer, Curug Walet dan Curug Batok berada di Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke empat lokasi tersebut pengunjung harus memasuki kawasan Curug Cikoneng yang dikelola oleh masyarakat, ke empat curug ini berada dibawah kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang dikelola oleh pemuda-pemudi di Desa Puraseda, dengan adanya lokasi wisata ini masyarakat sekitar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan disekitar kawasan tersebut. Untuk tiket masuk di kenakan Rp. 2.500/orang.

 

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat dan selamat berwisata.

1.253 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *