Visi Pancakarsa: Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban…

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN BOGOR

FESTIVAL BURUNG BERKICAU DISBUDPAR (BUPATI CUP) 2019

Festival Burung Berkicau adalah salah satu event tahunan besutan Bidang Pemasaran Disbudpar Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk mendatangkan wisatawan dari luar Bogor melalui komunitas burung berkicau. Dipilihnya burung karena sudah banyak peminatnya secara nasional, seperti diketahui para peminat serius akan siap hadir kemana pun acaranya digelar. Adanya festival semacam ini bisa menjadi tempat berkompetisi dan berniaga untuk para penangkar serta serta usaha-usaha yang bergerak di sekitarnya. Festival ini juga memberi lahan untuk UKM setempat turut memasarkan produknya pada saat acara berlangsung, memanfaatkan banyaknya peserta dan pengunjung yang datang ke lokasi. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2019, bertempat di pelataran Gedung Kesenian dan Olahraga Kabupaten Bogor, Jl.Raya Tegar Beriman, Cibinong.

Jumlah peserta pada tahun ini berjumlah 2.002 peserta, terjadi peningkatan yang signifikan dari tahun 2018 (1.637 peserta). Peserta datang terutama dari daerah Jabotabek, selain ada juga yang dari Bandung, Jogja, bahkan dari Pagar Alam, Sumatera. Pendaftaran diatur dan dilakukan melalui jejaring komunitas –khusus untuk kelas Bupati Cup, kuota peserta sudah tandas seminggu sebelum acara.

Sebagai pembuka kegiatan ditampilkan tari tradisional persembahan Sanggar Seni Putri Galuh dari Kecamatan Ciomas, sebagai salah satu Sanggar binaan Disbudpar. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, turut hadir memberikan sambutan dan secara simbolis melakukan penggantangan pertama untuk membuka festival ini.

Dalam kegiatan tahun ini Disbudpar mengajak serta Dinas Koperasi dan UKM juga Dinas Peternakan, serta merangkul Polres untuk membantu keamanan acara. Perwakilan dari Dispora dan Inspektorat juga tampak hadir pada saat Festival berlangsung.

143 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *