Visi Pancakarsa: Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban…

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN BOGOR

NYAMAN BER-ARUNG JERAM DENGAN PARA PEMANDU BERSERTIFIKAT

Untuk dapat menunjang sektor pariwisata secara penuh, fokus perhatian tidak bisa hanya ditujukan pada objek (Sumber Daya Alam) saja akan tetapi juga Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah terkait. Disbudpar Kabupaten Bogor melalui Seksi SDM (Bidang Kemitraan, SDM, dan Ekonomi Kreatif) secara rutin melakukan program pembinaan dan pelatihan serta uji kompetensi bekerja sama dengan Lembaga-Lembaga Sertifikasi yang tepercaya.

Seperti pada tanggal 3 s/d 5 November 2018 lalu di Cisarua, Disbudpar bekerja sama dengan LSP Pramindo memfasilitasi Uji Kompetensi dan Sertifikasi untuk Pemandu Arung Jeram. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing, keahlian, dan profesionalisme. SDM yang memiliki sertifikat tentu akan lebih dipercaya oleh para stakeholder yang membutuhkan jasa dan keahlian mereka. Sejumlah 20 orang pemandu Arung Jeram ikut serta dalam ujian kali ini.

Disbudpar melalui afiliasi dengan Lembaga sertifikasi menginginkan agar kegiatan ini bisa berdampak positif dan konstruktif bagi sektor pariwisata dan para SDM yang bergiat di dalamnya. Seperti yang disampaikan oleh Kasie SDM, Triastuti: “Disbudpar tentunya memberikan dorongan dan masukan agar setiap SDM dalam bidang yang mencakup pariwisata memiliki kualitas dan kuantitas yang berkompenten. Namun dasar kemampuan dan keilmuannya itu berasal dari peserta tersebut mendapatkan pendidikan, ataupun keahlian di tempat mereka bernaung atau bekerja.”

Diharapkan ke depannya, semua peserta yang mengikuti uji kompetensi/sertifikasi ini menjadi SDM berkompeten dan memiliki nilai lebih dalam dunia pariwisata khususnya di Kabupaten Bogor.

**

Artikel tentang tentang kegiatan ini telah ditayangkan juga di Suara Indonesia News Online (klik di sini).

343 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *