Visi Pancakarsa: Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban…

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN BOGOR

DERU MESIN OFF-ROAD DI KESEJUKAN PUNCAK

Ada banyak ragam rancangan Disbudpar Kabupaten Bogor dalam rangka mempromosikan pariwisata daerah. Salah satunya adalah merangkul even dari Komunitas Off-Road 4×4 dan menggabungkannya dengan aspek promosi wisata. Tahun ini acara tersebut kembali digelar. Pembukaan acara bertempat di ¬†kawasan Gunung Mas, Puncak, sementara lokasi rally mengambil jalur di Gunung Kencana, Tugu Utara. Acara tersebut berjalan selama 3 hari, dimulai dengan pembukaan pada tanggal 29 November 2018 sampai penutupan acara pada tanggal 2 Desember 2018. Gelaran Off-Road pariwisata ini diiikuti oleh para penyuka rally off-road dari seluruh Indonesia. Dengan dukungan penuh dari organisasi yang menaunginya yaitu Indonesia Off-Road Federation (IOF). Selain Disbudpar Kab.Bogor gelaran tahun ini juga didukung oleh BNN dengan sisipan misi anti narkobanya, juga Bulog, PMI Bogor, serta IMI.

Pembukaan acara di Gunung Mas pada tanggal 29 November diawali dengan penampilan tari kreasi dari salah satu Sanggar Seni binaan Disbudpar. Disambung dengan pembiukaan oleh Ketua IOF, juga oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Parwisata yang membacakan sambutan dari Bupati Bogor. Pada kesempatan ini turut hadir juga Wakil Bupati Bogor yang baru terpilih sebagai tamu undangan.

Secara simbolis Acara dimulai dengan flag-off (pengayunan bendera) untuk melepas mobil-mobil yang akan turut berlaga. Pengayunan bendera pertama dilakukan oleh Ketua IOF, lalu disambung oleh Wakil Bupati terpilih. Setelah itu dilakukan penempelan stiker Anti Narkoba di kap mesin mobil. Setelah kemeriahan acara pelepasan, acara berlanjut dengan penanaman pohon sebagai bagian dari gerakan Bogor Go-Green. Dengan usungan misi Anti Narkoba dan Bogor Go-Green, diharapkan acara ini bisa membawa alur positif dalam perhelatan para Off-Roader yang terkesan garang dan kasar.

Setiap mobil yang akan turun dalam gelaran ini mesti diuji terlebih dulu sebelum turut berlaga. Ada tim khusus yang memeriksa kelayakan mobil-mobil tersebut, baik dari segi keamanan mau pun kekuatan mesinnya. Hal ini tentu saja untuk memastikan agar aspek keamanan acara dan peserta yang mengikutinya bisa sama-sama terjaga.

Pemandangan serba hijau dan udara dingin-sejuk di sekitar Gunung Mas mengawal mereka yang berpartisipasi dalam acara Off-Road Wisata 2018. Deretan mobil-mobil kokoh di sekitar lokasi acara memberi ornamen tersendiri. Deru mesin dan alat-alat berat berpadu dengan keindahan pemandangan khas Gunung Mas, Puncak.

350 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *